Peternakan Domba Garut 'SAUNG DOGAR FARM INDONESIA' melayani kebutuhan Domba Aqiqah, Qurban, domba Bibit, Daging Domba, Domba Tangkas dan Aneka Produk olahan Daging Domba.

Alasan Memilih Domba dari pada Kambing untuk Aqiqah dan Qurban

Kami telah merangkum beberapa alasan mengapa domba lebih dipilih dari pada kambing, diantaranya sebagai berikut :
1. Kandungan gizi domba lebih baik dibanding daging kambing.

Berikut ini adalah perbandingan gizi daging domba dan kambing. 
Perbandingan Kandungan Nilai Gizi Daging Domba dan Kambing Per 100 gram


Kandu-
ngan Gizi
Kalori
Pro-
tein
Lemak
Kal-
sium
Fos-
for
Besi
Vita-
min B1

Daging Domba
206
17.1
14.8
10
191
2.6
0.15

Daging Kambing
154
16.6
9.2
11
124
1.0
0.09

Setiap 100 gram berat daging domba memiliki kandungan kalori, protein, lemak, fosfor, zat besi dan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan per 100 gram berat daging kambing.
2. Daging Domba jauh lebih empuk dan enak.
Secara serat, daging domba lebih halus dan mudah masak, tidak heran banyak tukang sate yang lebih memilih domba di bandingkan kambing. Sebut saja beberapa tukang sate yang anda tahu, pasti dia menggunakan daging domba.
3. Tingkat air di dalam kandungan daging domba lebih sedikit.
Berdasarkan hasil penelitian izi yang dilakukan oleh Dept GIZI DEPKES RI, dimana  domba memiliki 66,3 sementara kambing 70,3, hal ini yang acap kali mempengaruhi penyusutan dan karkas yang di dapat dari pemotongan hewan ternak (namun ini juga di pengaruhi pakan ternak). Hal ini memberikan kita bukti bahwa memang karkas yang didapat dari domba jauh lebih banyak di banding karkas yang dihasilkan oleh kambing.
4. Tingkat umur penggunaan domba dan kambing.
Dilihat dari umur penggunaan ternak disebutkan bahwa untuk kurban domba memiliki batasan umur yang lebih baik di bandingkan kambing dimana :
  • Domba qibas/Amlah : 1 Tahun.
  • Kambing jawa (kacangan)  : 2 Tahun.
Di sini membuat kita pengguna domba lebih mudah dalam memilih ternak, karena batasan umur domba yang lebih muda untuk dikurbankan.
5. Harga domba lebih murah dibanding kambing
Secara real sebenarnya harga kambing disaat-saat tertentu jauh lebih mahal dibandingkan dengan domba, Hal ini menurut kami memang untuk beberapa tahun ini wajar mengingat :
  • Kambing dengan ukuran yang sama dengan domba memiliki perawakan yang lebih tinggi (karena kambing besarnya meninggi) sementara domba semakin besar dia semakin kesamping bukan ke atas.
  • Kambing lebih terkenal di Jakarta dibandingkan domba.
  • Ada paradigma tertipu pada domba dengan bulunya yang tebal (padahal secara logika berapa maksimal berat bulu dari domba).
Itulah beberapa alasan kenapa kambing lebih mahal dibanding domba. Sementara niat kita adalah untuk berkurban dan membagikan daging sebanyak mungkin kepada kaum yang membutuhkan, lalu kenapa tidak dengan duit yang sama kita bisa mendapatkan daging yang lebih banyak.
6. Domba secara fisik lebih baik dari pada kambing.
Domba yang memiliki beberapa kriteria seperti berbulu lebat dan bertanduk panjang, rupanya lebih baik bagi si pelaksana kurban hal ini sesuai dengan sabda Rasul yang mengatakan
a.  Sabda Rasul; “maa lanaa minha?”, tanya sahabat, Rasulullah menjawab :”bi kulli sya’ratin hasanatun”, artinya “pada setiap helai bulu ternak yang dikurbankan itu, untukmu ada kebaikan” (HR.Ahmad dan Ibnu Majah).
b. Sabda Rasul; “maa ‘amal ibnu Adama yauman-nahri ‘amalan ahabba ila^llahi min hiraaqati damin, wa innahu lata’tii yaumal qiyamati bi qurunihaa wa adzlaafihaa wa asy’arihaa; wa inna^ddama layaqa’u minal^lahi bi makaanin qabla an yaqa’a ‘alaal-ardhi, fa thibuu bihi nafsan”, artinya “tidak ada satu amalan anak cucu Adam yang paling disenangi Allah dihari nahar (hari raya kurban) adalah menumpahkan darah menyembelih hewan kurban. Kurban itu akan mendatanginya di hari kiamat lengkap dengan tanduk, kuku dan kulit (bulunya). Darah dari hewan yang di kurbankan itu telah diletakkan Allah pada satu tempat (terpilih) sebelum tertumpah ke bumi, maka bahagiakanlah diri-diri (orang yang berkurban) itu” (HR.At Turmudzi dan Ibnu Majah).

sumber : dari Berbagai sumber

Uploader : Dede Usman (Peternak Saung Dogar Farm Indonesia)
http://saungdombagarut.blogspot.com
   

5 komentar:

  1. Sukses terus kang Dede Usman,, Salam dari Firman

    BalasHapus
  2. Mantap bro... Kapan Nyate bareng Lagi? (Isep)

    BalasHapus
  3. sukses om, kirim"lah dagingnya, mau nyate nhe



    BalasHapus

Komentar Anda