Peternakan Domba Garut 'SAUNG DOGAR FARM INDONESIA' melayani kebutuhan Domba Aqiqah, Qurban, domba Bibit, Daging Domba, Domba Tangkas dan Aneka Produk olahan Daging Domba.

Cara Mudah Mendeteksi Kebuntingan pada Domba dengan "DEEA GestDect"

Sahabat peternak domba, terkadang kita sering ragu dan hampir tidak mengetahui kalau sebenarnya  domba yang setelah kita kawinkan itu benar-benar bunting atau tidak, kebiasaan dari kita mesti menunggu 2-3 bulan untuk melihat domba kita benar-benar bunting yaitu dengan melihat ukuran perut atau ambing yang kelihatan membesar. Namun, sekarang kita tidak usah menunggu lama untuk mengethui kebuntingan domba kita, kini telah ada alat pendeteksi yaitu DEEA GESTDECT, sebuah alat pendeteksian kebuntingan dengan mengunakan urine, nah bagaimana sih sebenarnya penggunaan DEEA GESTDECT, mari kita lihat Manualnya:


MANUAL PEMAKAIAN ”DEEA GESTDECT”
1. Siapkan urine ternak yang diduga bunting dalam tabung reaksi ± 1/3 bagian hingga ¾ bagian. Syarat urine harus terpenuhi (ada dalam brosur/leaflet)

2. Teteskan “DEEA GestDect” larutan pendahuluan sebanyak 2 (dua) tetes dan amati adanya gumpalan coklat kekuningan mengapung. (TIDAK DIADUK ATAU DIGOYANG-GOYANGKAN)Apabila terdapat gumpalan coklat kekuningan mengapung (KEMUNGKINAN BESAR POSITIF), Gambar 1 Pengamatan Reaksimuncul gumpalan coklat kekuningan dari permukaan cairan sampai dasar tabung tanpa putus (KEMUNGKINAN BESAR NEGATIF) Lanjutkan ke nomor 3.

3. Teteskan “DEEA GestDect” larutan penegas sebanyak 5 (lima) tetes dan amati reaksi pemisahan gumpalan selama maksimal 20 detik. (TIDAK DIADUK ATAU DIGOYANG-GOYANGKAN)
Hasil Positif (+) bunting apabila muncul gumpalan yang jatuh sedikit demi sedikit dari permukaan menuju dasar tabung sehingga terdapat pemisahan jelas gumpalan di atas dan dasar tabung
Hasil Negatif (-) bunting apabila muncul gumpalan coklat kekuningan yang menyebar dari permukaan cairan sampai dasar tabung tanpa putus (menyerupai gulali tak terputus) Sedangkan apabila gumpalan pada bagian permukaan cairan tidak turun (sampai maksimal 20 detik) maka dimungkinkan adanya Corpus Luteum Persisten (CLP).

Nah inilah salah satu jenis teknologi pendeteksian kebuntingan yang mungkin bisa kita gunakan sebagai alat bantu untuk meningkatkan produktivitas peternakan kita,

Jadi selamat mencoba kalau mau cari tahu sumbernya ...pasti mbah google siap membantu

Salam Dogar..
Dede Usman
Peternak Saung Dogar Farm Indonesia

2 komentar:

  1. Pak saya dari bandung mau pesan, berapa harga produk dan ongkirnyah?

    BalasHapus
  2. Bisa beli dmn deea gestdect...abam dr tasik..085 282 423 423.. Peryogi kang

    BalasHapus

Komentar Anda