Peternakan Domba Garut 'SAUNG DOGAR FARM INDONESIA' melayani kebutuhan Domba Aqiqah, Qurban, domba Bibit, Daging Domba, Domba Tangkas dan Aneka Produk olahan Daging Domba.

Terminologi Perdombaan Di Dunia Internsional

Berikut adalah terminologi yang biasa digunakan dalam perdombaan di dunia international.
Sheep Dan Lambs

  • Sheep Domba lebih dari usia satu tahun. Mereka biasanya menghasilkan keturunan.
  • Lamb kurang dari satu tahun usia. Mereka biasanya tidak menghasilkan keturunan.
Lamb (Domba) dan Mutton (kambing)
  • Lamb adalah istilah untuk daging domba domestik muda dimakan sebagai makanan
  • Mutton adalah Daging dari domba yang lebih tua dari 12 bulan

Wol
  • Serat Satuan yang tumbuh di bulu domba di sebut disebut wol
  • Wol dari satu domba disebut bulu domba.
  • Banyak baju hangat dari peternakan yang sama, wilayah yang sama , atau Negara yang sama disebut klip

Ewes (Domba Betina)
Domba Betina Di panggil Sebagai Ewe. Yoe adalah bahasa umum atau pasaran  sebagai pengganti dari kata ewe ( Domba Betina). Sementara kalau Domba betina muda di sebut sebagai Ewe Lamb.

Rams
Seekor domba jantan disebut Ram, bahasa umum atau keseharian dari Rams adalah Buck. Domba laki-laki muda disebut ram lamb. Di beberapa bagian di Inggris ram bisa juga di sebut Tup dan domba yang masuk masa perkawinan di sebut sebagai tupping.

Wethers
Seekor domba jantan dikebiri disebut wether. Wethers kurang agresif daripada Domba jantan ( Ram/bucks).

Yearling
Yearling adalah seekor domba dara antara 1 dan 2 tahun yang bisa menghasilkan keturunan atau pun tidak. Di negara-negara lain Yearling ini sering juga di sebut sebagai hogget, shearling, gimmer, theave, atau TEG.

Flock
Flock adalah sekelompok domba/kawanan. Sementara untuk kelompok kawanan domba yang kuantitasnya lebih besar (beberapa kali dari flocks) disebut band atau Mobs.

Shepherd
Shepherd adalah seorang penggembala/orang yang mengurus domba (bisa jadi adalah pemilik domba).

Sheepherder
Sheepherder adalah peternak domba yang merawat dombanya dengan cara menggembala domba (pada lapangan terbuka).  Sheepherder adalah orang yang menggembalakan domba dan menjaga domba tetap dalam kawanan domba. Di Amerika Shepherder adalah pekerja dan bukan pemilik dari pada domba.

Farms
Farms adalah searea tanah yang di dalamnya terdapat berbagai bagian/struktur yang di buat untuk memproduksi dan mengelola makanan ternak. istilah farms ini biasanya meliputi tanah pertanian yang diciptakan untuk memproduksi.

Ranch
Ranch adalah areal tanah yang luas yang di dalamnya terdapat berbagai bagian/struktur yang luas yang di ciptakan dengan system yang baik untuk meningkatkan ternak kualitas/kuantitas domba yang di pelihara

Abbatoir
Abbatoir adalah rumah jagal yaitu sebuah bangunan di mana hewan disembelih dan diolah menjadi produk daging. Ini berasal dari kata Prancis, abattre.

Source: www.sheep101.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda